Alasan Logis Mengapa Baju Baru Harus Dicuci Dulu

Alasan Logis Mengapa Baju Baru Harus Dicuci Dulu

Diposting pada
5/5 (1)

Kebanyakan orang salah kaprah tentang baju baru. Meskipun terlihat bersih, sebaiknya sebelum menggunakannya dicuci terlebih dulu. Banyak masalah seperti iritasi kulit, alergi, hingga aroma tidak sedap dialami ketika menggunakan baju baru tanpa dicuci dulu. Sebab kita tidak tahu bagaimana pembuatannya di pabrik. Bisa jadi masih menyimpan bahan kimia, debu, atau keringat dari yang sebelumnya telah mencoba baju tersebut.

Sayangnya masih banyak yang berpikir bahwa baju baru sudah siap pakai. Padahal jika ditelisik lebih lanjut, mindset tersebut akan segera anda rubah. Memang terdengar sepele. Namun dengan melakukan kebiasaan tersebut, kita pun bisa menerapkan gaya hidup sehat secara lebih maksimal. Baju baru pun tidak akan memberikan dampak buruk ketika dikenakan. Nah, bagi yang penasaran apa saja alasan mengapa baju baru harus dicuci sebelum digunakan, berikut ulasannya.

Alasan Baju Baru Harus Dicuci Dulu

Alasan Baju Baru Harus Dicuci Dulu

1. Pernah dicoba orang lain

Tidak menutup kemungkinan baju yang anda beli pernah dicoba orang lain. Jadi keringat atau kotoran dari orang lain pun pasti akan menempel di baju tersebut. Maka untuk berjaga-jaga, anda harus mencuci baju baru. Meskipun terlihat bersih, tidak menjamin bebas bakteri atau kontaminasi jamur. Jadi jangan malas untuk mencucinya dan bersabarlah dulu untuk memakainya.

2. Masih mengandung bahan kimia kain

Dalam proses pembuatan, bahan kimia seperti perekat plisket, pewarna kain, pelicin, dsb pasti digunakan. kandungan bahan kimia tersebut mungkin masih kuat di pakaian baru. Jika kontak langsung dengan kulit dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi dan masalah lainnya. maka mencucinya adalah solusi agar bahan kimia dari kain hilang.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Pupuk dari Kotoran Kambing

3. Berdebu karena dipajang

Bisa jadi pakaian baru anda sudah dipajang cukup lama. Debu pun tidak terjamin hilang dari proses pemajangan tersebut. Tentu saja pakaian yang berdebu jika langsung digunakan akan membuat tubuh anda menjadi kotor. Belum lagi jika kulit sensitif akan menyebabkan iritasi debu. Pastikan cuci terlebih dulu sebelum menggunakan pakaian baru.

4. Proses pembuatannya meliputi banyak tahapan

Dalam membuat pakaian, banyak tahapan dilalui. Mulai proses pemindahan kain, cutting, jahit, finishing, sampai setrika. Semuanya melalui tangan-tangan yang berbeda. Tidak menjamin dari proses tersebut bakteri tidak terkumpul. Bisa jadi dari tahapan ini, sejumlah bakteri dari tangan berpindah ke kain.

5. Rentan bakteri

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pakaian baru justru rentan bakteri. Bahkan jamur, kutu kain, dan berbagai hal lain juga bisa kita dapatkan. Agar tidak merusak kulit, menimbulkan iritasi, dsb, pakaian baru harus dicuci. Selain itu, bahan kimia dari proses pembuatan pun akan hilang dari proses pencucian tersebut sehingga pakaian menjadi lebih aman digunakan.

Itu dia alasan mengapa anda harus mencuci baju baru dulu sebelum digunakan. Semoga bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten