Cara Budidaya Burung Nuri Bayan

5 Cara Budidaya Burung Nuri Bayan Untuk Pemula

Diposting pada

Cara Budidaya Burung Nuri Bayan Untuk Pemula – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa burung merupakan hewan peliharaan yang sangat populer di mana saat ini ada berbagai macam jenis burung yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan, salah satunya adalah burung nuri bayan. Perlu Anda ketahui bahwa nuri bayan merupakan salah satu dari banyak jenis burung nuri yang sangat populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, hal tersebut tidaklah mengherankan karena burung nuri bayan memang memiliki suara kicauan yang sangat khas dan sering diikutkan ke dalam kontes.

Tak hanya suara kicauannya saja yang khas, tetapi tampilan visual dari burung nuri bayan memang sangat indah sehingga sering juga dijadikan sebagai burung hias. Tidak hanya itu saja, burung nuri bayan juga memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis burung nuri yang lainnya. Kicauan dan keindahan fisik dari burung nuri bayan membuat jenis burung ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga tentu saja akan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan, pada kesempatan ini akan kami ulas cara budidaya burung nuri bayan.

Baca Juga  Cara Budidaya Burung Falk Untuk Pemula

Cara Budidaya Burung Nuri Bayan Dengan Mudah

Cara Memelihara Burung Nuri Bayan untuk pemula

1. Persiapan Kandang

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam usaha budidaya burung nuri bayan yakni persiapan kandang, tentu saja Anda tidak boleh membuat kandang secara asal-asalan agar burung nuri bisa merasa nyaman. Ada dua jenis kandang yang biasa digunakan untuk budidaya burung nuri bayan yaitu kandang yang terbuat dari material kawat yang sudah diram serta kandang dari bahan rotan.

2. Pemilihan Indukan

Indukan merupakan salah satu faktor yang akan sangat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam budidaya burung nuri bayan, hendaknya Anda memilih indukan yang berkualitas. Ada beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan dalam memilih indukan nuri bayan yakni umur indukan minimal satu tahun, gerakannya lincah, warna bulunya cerah, tidak memiliki cacat fisik, dan tidak terserang penyakit.

Baca Juga  Panduan Menanam Seledri Dengan Mudah di Dalam Pot

3. Menjodohkan Burung Nuri Bayan

Setelah memperoleh indukan nuri bayan, maka kini saatnya Anda melakukan proses penjodohan. Namun Anda tidak boleh langsung memasukkan keduanya ke dalam satu kandang, namun dekatkanlah indukan jantan dan betina pada kandang yang terpisah agar saling mengenal. Jika indukan jantan dan betina telah siap kawin, maka keduanya akan saling berkicau dengan gerakan yang agresif.

4. Perawatan Burung Nuri Bayan

Proses perawatan merupakan salah satu elemen penting dalam usaha budidaya nuri bayan. Anda harus memberi pakan secara rutin sebanyak tiga kali sehari berupa jangkrik, kroto, serta vitamin untuk burung. Anda juga harus memberi minum dan mengganti air minumnya setiap hari, selain itu Anda hendaknya memandikan burung dan menjemurnya pada pagi hari agar burung tetap sehat.

tips berBudidaya Burung Nuri Bayan

5. Merawat Anakan Burung Nuri Bayan

Setelah terjadi proses perkawinan, biasanya burung nuri bayan akan menghasilkan telur berkisar tiga hingga lima butir, indukan betina akan mengerami telur-telurnya selama kurang lebih 21 hari hingga menetas. Anda harus memberi pakan kepada anakan dengan menyuapkan langsung ke mulutnya hingga anakan berusia 4 minggu atau sampai anakan bisa makan sendiri tanpa perlu bantuan.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk melakukan budidaya burung nuri bayan, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara yang ada di atas.

Nilai Kualitas Konten