Masa Panen Buah Ceri

Cara Mudah Budidaya Ceri Hingga Panen Untuk Pemula

Diposting pada

Cara Budidaya Ceri Hingga Panen Untuk Pemula – Siapa yang tak kenal dengan ceri, jenis buah yang satu ini memang sangatlah populer untuk dikonsumsi di mana ceri biasanya sering dijadikan sebagai dekorasi pada kue ulang tahun ataupun kue yang lainnya. Ya, buah ceri sendiri memang memiliki tampilan yang sangat menarik dengan bentuknya yang bulat kecil serta warnanya yang merah menyala, selain itu buah ceri juga memiliki rasa yang manis sehingga membuatnya disukai oleh banyak orang. Perlu diketahui bahwa ceri merupakan tanaman buah yang merupakan anggota dari marga Prunus.

Baca Juga  Cara Merawat Pohon Kelengkeng Agar Subur dan Cepat Berbuah

Tanaman Ceri akan tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim subtropis, namun demikian tanaman ceri juga bisa tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis, akan tetapi tanaman ceri hanya akan tumbuh subur di kawasan dataran tinggi yang udaranya tergolong sejuk. Perlu Anda ketahui bahwa ceri tergolong sebagai salah satu jenis buah dengan nilai ekonomi yang tinggi di mana permintaan terhadap buah ini selalu tinggi di pasaran sehingga akan menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, berikut ini akan kami ulas cara budidaya buah ceri untuk pemula.Cara Budidaya Ceri

Panduan Budidaya Buah Ceri Sampai Panen Dengan Mudah

Sebelum melakukan budidaya buah ceri ada beberapa hal yang perlu di lakukan untuk memulai budidaya buah ceri, agar mendapat hasil panen yang sangat berlimpah, yuk simak 5 langkah panduan budidaya buah ceri yang simple dan sangat mudah di lakukan bagi orang awam sekalipun. simak juga cara budidaya rambutan binjai

1. Mempersiapkan Lahan

Langkah awal yang pertama kali harus dilakukan dalam usaha budidaya ceri yakni mempersiapkan lahan terlebih dahulu di mana Anda harus menggemburkan tanah menggunakan bajak atau cangkul. Anda juga harus membersihkan lahan dari gulma agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman, selain itu Anda juga harus memberikan pupuk kandang dan membiarkannya sekitar tiga minggu. Jangan lupa persiapkanlah lahan yang cukup luas untuk menanam pohon ceri nantinya, semakin luas lahan maka semakin berlimpah pula hasil panennya.

2. Mempersiapkan Bibit Ceri

Seperti yang Anda ketahui bahwa bibit akan sangat mempengaruhi keberhasilan Anda dalam usaha budidaya sehingga Anda harus memilih bibit ceri yang berkualitas. Pilihlah biji buah ceri yang sudah tua, besar, serta tidak cacat. Jemurlah biji ceri di bawah sinar matahari selama seharian penuh, setelah itu bungkuslah biji ceri tersebut dengan tisu dan simpanlah di tempat sejuk selama satu minggu.Panduan Budidaya Buah Ceri

3. Proses Penanaman Bibit

Anda harus menyemai biji ceri di polybag ataupun di pot sebelum ditanam di lahan. Apabila Anda membeli bibit ceri di toko, maka lepaskanlah polybag atau pot secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak perakarannya. Proses penanaman bibit ceri sebaiknya dilakukan pada sore hari agar tidak langsung mendapat panas matahari, selain itu pastikanlah agar bibit ceri ditanam tegak lurus.

4. Proses Perawatan Ceri

Perlu Anda ketahui bahwa proses perawatan memegang peranan yang sangat penting dalam usaha budidaya ceri. Hendaknya Anda melakukan penyiraman secara rutin satu kali sehari agar tanaman tidak kekurangan air, Anda juga harus melakukan penyiangan dengan cara membersihkan gulma yang ada di sekitar tanaman ceri, selain itu pemupukan ulang juga perlu dilakukan untuk merangsang pembentukan buah.

5. Masa Panen Buah Ceri

Buah CeriSaatnya Anda menikmati hasil jerih payah yang selama ini telah Anda lakukan, pada umumnya tanaman ceri akan bisa dipanen setelah menginjak usia tiga hingga empat tahun sejak usia tanam. Namun tanaman ceri juga bisa berbuah pada tahun kedua penanaman jika kondisi tanah dan cuacanya mendukung, Anda bisa melakukan pemanenan buah ceri dengan memetiknya secara langsung. Anda juga bisa menjual hasil panen ke penjual buah atau pasar terdekat, bisa juga di olah untuk dijadikan jus, minuman,yogurt atau pun topping untuk kue ataupun dinikmati langsung, karena manfaat buah ceri sangat variatif.

Baca Juga  Cara Budidaya Pisang Kepok Untuk Pemula

Bagi Kalian yang memang ingin melakukan sendiri budidaya buah ceri, maka tidak ada salahnya Anda mengikuti beberapa cara sederhana yang telah disebutkan di atas. Untuk melihat update tips dan cara budidaya lainya silahkan kunjungi caramemelihara.com dan jangan lupa untuk share, like dan komen apabila informasi ini menarik. 5/5 (1)