Cara Budidaya Kacang Panjang

Cara Budidaya Kacang Panjang – Langkah Tepat Supaya Sukses!

Diposting pada

Banyak sekali cara budidaya kacang panjang yang mungkin juga, beberapa di antaranya sudah Anda ketahui. Namun, penulis mempunyai salah satu metode “pasti” yang bisa Anda tiru agar sukses budidaya kacang panjang. Cara ini melibatkan beberapa aspek, seperti: persiapan area, menyiapkan benih terbaik, metode penanaman, perawatan, waktu panen, dan tentunya kurun waktu setelah masa panen selesai.

Sebenarnya, budidaya kacang panjang tergolong lebih mudah dibandingkan budidaya tanaman organik lainnya. Namun, tetap saja penanganan dan cara yang tepat sampai panen Anda perlukan sebagai bekal agar tidak kebingungan dalam prosesnya. cek dulu panduan dasar menanam kacang panjang sebelum mengikuti panduan ini agar Anda sukses membudidayakan kacang panjang, ya!

Proses dan Cara Budidaya Kacang Panjang

Seperti yang sudah penulis sebutkan, langkah-langkah di bawah ini wajib untuk Anda ikuti. Walaupun pada prakteknya, bisa jadi berbeda nantinya di lapangan. Namun, dengan pembekalan dari sini, Anda tidak akan kesulitan untuk menimbulkan kreativitas dalam proses budidaya kacang panjang nantinya.Proses Budidaya Kacang Panjang

Proses 1 – Persiapan Area/Lahan

Buat bedengan memanjang yang dimulai dari timur ke barat atau sebaliknya. Jangan lupa untuk melakukan pemupukan pada bedengan dengan rapi dan tertata. Setiap hektar lahan dibutuhkan kurang lebih 20 sampai 25 dosis pupuk kandang – boleh lebih, tidak boleh kurang.

Kurang lebih,setelah tiga minggu setelah masa pemupukan dengan pupuk kandang, Anda bisa memulai untuk memberikan lahan pupuk urea dan pengairan. Jangan lupa, setelah pengairan untuk menutup bedengan menggunakan plastik warna hitam.

Baca Juga  Cara Mudah Budidaya Ceri Hingga Panen Untuk Pemula

Proses 2 – Persiapan Benih Kacang Panjang

Syarat benih yang bagus adalah yang usianya tua, terlihat segar (sehat), dan utuh. Dari mana benih yang baik bisa diperoleh? Anda bisa membelinya dari toko benih tani. Setiap hektar, Anda membutuhkan kurang lebih 20 kg benih.

Tidak ada yang bisa penulis jelaskan secara terperinci  perihal proses pemilihan benih. Cara paling manjur dan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berkordinasi dan melakukan komunikasi dengan penjual benih di domisili Anda tinggal.Persiapan Benih Kacang Panjang

Proses 3 – Penanaman Kacang Panjang

Buatlah lubang di plastik bedengan dengan jarak 60×30 cm pada setiap benih. Setiap benih wajib ditanam dengan metode penanaman tunggal. Selang satu minggu setelah masa penanaman, Anda bisa melakukan pengecekan untuk memantau benih yang gagal tanam. Bila ada, Anda boleh melakukan penyulaman terhadap benih yang gagal.

Proses 4 – Perawatan Kacang Panjang

Ada dua elemen penting dalam cara budidaya kacang panjang agar mendulang sukses sampai masa panen, yakni:

  1. Penyiraman.
  2. Pengairan.

Dua elemen di atas begitu penting dan akan mempengaruhi budidaya kacang panjang Anda sampai panen. Anda wajib untuk menyiram kacang panjang dengan peningkatan intensitas air seiring dengan tumbuhnya bunga dan buah. Jadi, awali dengan sedikit air, lalu tingkatkan jumlah air seiring dengan perkembangan kacang panjang Anda.

Kurang lebihnya, setelah dua minggu semenjak penanaman benih, Anda dapat memasang ajir sebagai media rambat kacang panjang.

Jangan lupa juga lakukan penyiangan. Anda bisa melakukannya ketika melihat adanya gulma muncul. Pun, penyiangan juga perlu ketika masa pemupukan tanaman. Tiga minggu setelah masa tanam, Anda wajib untuk menambah dosis pupuk urea yang dosisnya 25 kg per hektar lahan.

Baca Juga  Cara Merawat Pohon Kelengkeng Agar Subur dan Cepat Berbuah

Masalah penyemprotan, hama yang muncul dapat Anda musnahkan menggunakan pestisida atau insektisida.sektisida.

Proses 5 – Masa Panen Kacang Panjang

Masa Panen Kacang PanjangKurang lebih setelah 50 hari semenjak tanam, Anda bisa melakukan panen. Bila Anda belum yakin, ada sinyal yang menyatakan bahwa budidaya kacang panjang Anda sudah bisa dipanen, yakni polong kacang panjang terlihat padat dan timbul warna hijau segar.

Proses 6 – Pasca Panen Kacang Panjang

Ketika selesai memanen kacang panjang, ada beberapa proses yang harus Anda lakukan, beberapa di antaranya adalah:

  1. Jangan salah prediksi dan selalu perhatikan umur pemetikan kacang panjang dengan tepat.
  2. Kacang panjang yang Anda panen harus diikat dan disimpan dalam tempat yang lembab (suhu dingin akan lebih baik).
  3. Jangan sampai menggores bahkan melukai buah kacang panjang karena bisa menyebabkan busuk dengan cepat.

Panen Kacang Panjang

Itulah cara budidaya kacang panjang dengan formula sukses yang menjadi rahasia petani untuk sukses membudidayakan kacang panjang tanpa adanya kendala berarti. Semoga, menjadi manfaat untuk Anda, ya! simak juga panduan budidaya lainya di caramemelihara.com

Nilai Kualitas Konten