Cara Budidaya Mangga Apel Di Dalam Pot

Cara Budidaya Mangga Apel Di Dalam Pot

Diposting pada

Cara Budidaya Mangga Apel Di Dalam Pot – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa mangga merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di Indonesia yang mana jenis buah ini memang memiliki habitat di daerah beriklim tropis. Buah mangga sendiri memiliki banyak sekali varietas seperti misalnya mangga harum manis, mangga manalagi, mangga gedong gincu, mangga apel, mangga irwin, dan masih banyak lagi varietas mangga yang lainnya. Namun kali ini kami hanya akan membahas mangga apel yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Baca Juga  Cara Merawat Pohon Kelengkeng Agar Subur dan Cepat Berbuah

Mangga apel sangat mudah dikenali berkat bentuknya yang cukup berbeda dari varietas mangga yang kainnya. Sesuai dengan namanya, mangga apel memiliki ciri khas bentuknya yang lebih membulat sehingga menyerupai buah apel dengan warna kulitnya yang hijau ataupun merah. Buah mangga apel sendiri memiliki rasa yang manis dan segar sehingga disukai oleh banyak orang, tingginya jumlah permintaan mangga apel tentu saja akan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan, berikut ini akan kami ulas cara budidaya mangga apel di dalam pot, sebelum mengetahui cara budidaya mangga simak dulu tips menanam buah ceri yang baik agar panen berlimpah.

Cara Budidaya Mangga Apel di Dalam Pot

1. Menyiapkan Media Tanam

Langkah paling awal yang harus Anda lakukan dalam budidaya mangga apel yakni menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan pot dengan ukuran yang besar, kemudian pastikan bahwa pot telah memiliki paling tidak 4 hingga 6 lubang di bagian bawahnya agar air bisa mengalir, setelah itu isilah pot tersebut dengan tanah yang dicampur dengan pupuk serta sekam.

2. Menyiapkan Bibit Mangga Apel

Untuk melakukan budidaya mangga apel, tentu saja Anda harus mempersiapkan bibitnya terlebih dahulu. Tentu saja Anda harus memilih bibit mangga apel yang berkualitas yakni bibit yang berasal darj pohon indukan yang produktif, bibit juga harus dalam keadaan sehat dan tidak terserang penyakit, serta pastikanlah bahwa bibit yang dibeli merupakan varietas yang Anda inginkan.

3. Menanam Bibit Mangga Apel

Menanam Bibit Mangga Apel

Setelah mendapatkan bibit mangga apel yang berkualitas, maka Anda bisa menanamnya ke media tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya. Perlu diingat bahwa Anda harus melakukannya secara hati-hati agar tidak merusak bibit, letakkanlah bibit di bagian tengah pot dan pastikan posisinya tegak lurus, selain itu Anda bisa membuat ajir untuk menopang tanaman.

Baca Juga  Cara Budidaya Pisang Kepok Untuk Pemula

4. Merawat Pohon Mangga Apel

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa perawatan merupakan hal yang sangat penting dalam usaha budidaya mangga apel. Proses perawatan sendiri bisa dikategorikan menjadi beberapa kegiatan antara lain penyiraman yang dilakukan sebanyak dua kali sehari, pemupukan ulang yang dilakukan setiap dua bulan sekali, serta penyiangan untuk membuang gulma yang ada di sekitar tanaman.Merawat Pohon Mangga Apel

5. Masa Panen Mangga Apel

Masa panen mangga apel yang ditanam di dalam pot biasanya sudah bisa dipanen setelah usianya menginjak dua hingga tiga tahun setelah masa tanam yang tentu akan sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah dan perawatan. Hasil panen mangga apel pada tahun pertama memang masih sedikit, namun Anda tak perlu khawatir karena hasil panennya akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya.Masa Panen Mangga Apel

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya buah ini, maka tak ada salahnya jika Anda mengikuti cara yang ada di atas. ikuti tips budidaya buah lainya.

Nilai Kualitas Konten