Pupuk Dari Kotoran Kambing

Cara Mudah Membuat Pupuk dari Kotoran Kambing

Diposting pada

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa pupuk merupakan salah satu hal yang sangat penting di dalam dunia pertanian karena pupuk akan sangat mempengaruhi kesuburan dari sebuah tanaman. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa pupuk merupakan suatu material yang ditambahkan pada media tanam guna mencukupi kebutuhan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman dengan tujuan agar bisa tumbuh dengan subur. Secara garis besar, pupuk bisa dibedakan menjadi dua yakni pupuk organik serta pupuk non organik.

Seiring dengan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, pupuk organik lebih banyak digunakan untuk pertanian karena jenis pupuk ini tidak merusak lingkungan serta lebih aman bagi kesehatan manusia. Pupuk organik juga bisa dengan mudah Anda buat sendiri di rumah sehingga tentu akan lebih menghemat biaya. Anda bisa membuat pupuk organik dari berbagai macam bahan, salah satunya adalah kotoran kambing yang bisa dengan mudah Anda temukan di sekitar, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara membuat pupuk dari kotoran kambing.

Cara Mudah Membuat Pupuk dari Kotoran Kambing

Cara Mudah Membuat Pupuk Dari Kotoran Kambing

1. Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat pupuk dari kotoran kambing adalah menyiapkan bahan yang akan digunakan terlebih dahulu, hal yang satu ini sangat penting dilakukan dengan tujuan agar Anda tidak kerepotan nantinya. Beberapa bahan yang harus Anda siapkan antara lain kotoran kambing, pupuk urea, sekam, EM4, ember atau karung, terpal, serta sekop.

2. Langkah Kedua

Hancurkanlah kotoran kambing yang telah Anda siapkan sebelumnya menggunakan sekop atau cangkul, kemudian campurkanlah dengan pupuk urea sebanyak satu persen. Perlu Anda ketahui bahwa semakin halus kotoran kambing, maka akan semakin memudahkan proses pembuatan pupuk, oleh karena itulah sebaiknya Anda menghancurkan kotoran kambing hingga benar-benar halus.

Baca Juga  Dampak Mengerikan Jika Terlalu Eksis di Media Sosial

3. Langkah Ketiga

Anda harus menyiapkan lahan yang akan dijadikan sebagai tempat pembuatan pupuk, sebaiknya Anda membersihkan lahan terlebih dahulu agar tidak mengganggu proses pemupukan. Selain itu sebaiknya Anda juga membuat atap di atas lahan tersebut, hal ini sangat penting untuk dilakukan dengan tujuan agar proses pembuatan pupuk tidak terganggu oleh air hujan yang merembes masuk.

4. Langkah Keempat

Sediakan ember dengan ukuran yang cukup besar, pastikanlah agar ember tersebut tidak bocor. Setelah itu campurkanlah EM4 dengan air dan aduk hingga merata yang nantinya akan digunakan untuk mempercepat proses pembuatan pupuk. Anda bisa mulai menumpuk bahan-bahan yang akan digunakan yakni kotoran kambing di bagian paling bawah, kemudian sekam, dan larutan EM4.

5. Langkah Kelima

Setelah menumpuk semua bahan yang digunakan di dalam ember, maka tutuplah ember tersebut dengan rapat. Pada umumnya proses pembuatan pupuk ini membutuhkan waktu selama seminggu hingga tiga minggu, setelah itu Anda bisa membuka tutupnya dengan tujuan agar pupuk bisa mendapatkan udara segar, pupuk yang sudah jadi akan terasa hangat yang menandakan telah terjadi proses fermentasi.

Pupuk memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman, Anda bisa membuat pupuk sendiri dengan menggunakan kotoran kambing.

Nilai Kualitas Konten