Cara Memelihara Pohon Kelengkeng

Cara Merawat Pohon Kelengkeng Agar Subur dan Cepat Berbuah

Diposting pada

Cara Merawat Pohon Kelengkeng Agar Subur dan Cepat Berbuah – Tentu Anda sudah tidak lagi asing dengan kelengkeng, sebab kelengkeng menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer untuk dikonsumsi. Perlu Anda ketahui bahwa kelengkeng merupakan jenis tanaman buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara sehingga tentu saja Anda akan bisa menjumpai jenis buah ini dengan mudah di Indonesia. Buah kelengkeng memiliki ciri khas bentuknya bulat dengan ukuran yang kecil, warna kulitnya cokelat kekuningan dengan daging buah yang putih transparan.

Buah kelengkeng sendiri memiliki rasa yang manis dengan kandungan air yang cukup banyak sehingga menjadikan buah yang satu ini disukai oleh banyak orang dan sangat sesuai untuk dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas. Permintaan terhadap buah kelengkeng yang selalu tinggi di pasaran tentu saja akan menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan di mana saat ini ada banyak orang yang tertarik melakukan budidaya tanaman kelengkeng untuk mendapatkan keuntungan, berikut ini akan kami ulas cara memelihara pohon kelengkeng agar subur dan cepat berbuah.

Cara Memelihara Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

Merawat Pohon Kelengkeng

1. Mengecek Tingkat Kesuburan Tanah

Salah satu hal yang harus Anda lakukan dalam merawat pohon kelengkeng agar subur dan cepat berbuah yakni dengan mengecek tingkat kesuburan tanahnya. Tentu saja Anda harus menggunakan media tanam yang baik agar pohon kelengkeng tumbuh dengan subur. Anda harus memastikan bahwa media tanam yang digunakan adalah tanah yang memiliki kandungan unsur hara yang tinggi, selain itu Anda juga perlu untuk menggemburkan tanah terlebih dahulu menggunakan cangkul.

Baca Juga  5 Tahap Mudah Cara Budidaya Rambutan Binjai Untuk Pemula

2. Menggunakan Bahan Pendorong atau Booster

Hal kedua yang juga perlu Anda lakukan agar pohon kelengkeng bisa tumbuh dengan subur dan cepat berbuah adalah dengan menggunakan bahan pendorong atau sering disebut dengan nama booster. Perlu diketahui bahwa booster adalah bahan-bahan kimia yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses pembentukan kuncup dan pemekaran bunga pada tanaman, namun bahan kimia tersebut juga bisa digunakan untuk mempercepat proses pembuahan pada tanaman kelengkeng.

3. Penyiraman Rutin

Agar pohon kelengkeng yang Anda tanam bisa tumbuh dengan subur dan cepat berbuah, maka tentu saja Anda harus melakukan penyiraman. Hal yang satu ini sangatlah penting untuk Anda lakukan karena pohon kelengkeng membutuhkan air yang cukup agar bisa tumbuh dengan subur. Sebaiknya Anda melakukan penyiraman dengan frekuensi dua hingga tiga kali dalam seminggu agar pohon kelengkeng tidak menjadi layu karena kekurangan air.

4. Memberikan Pupuk

Selain ketiga hal yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus memberikan pupuk agar pohon kelengkeng bisa tumbuh dengan subur serta cepat berbuah. Seperti yang Anda ketahui bahwa pupuk merupakan suatu material yang ditambahkan pada media tanam dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara yang diperlukan oleh pohon kelengkeng. Selain menggunakan pupuk kimia, Anda juga bisa menggunakan pupuk organik yang tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.

Bagi Anda yang memiliki pohon kelengkeng, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara di atas agar pohon kelengkeng tumbuh dengan subur dan juga cepat berbuah.

Nilai Kualitas Konten

Baca Juga  Panduan Budidaya Buncis Agar Panen Berlimpah