Cara Sederhana Mengatasi Post Graduation Stress

Diposting pada

Cara Sederhana Mengatasi Post Graduation Stress – Lulus sekolah memang sangat menyenangkan. namun pasca kelulusan juga rentan mengalami post graduation stress. Masalah tersebut merupakan gejala stress karena tekanan pasca kelulusan. Misalnya melihat teman seangkatan sudah bekerja terlebih dahulu, melanjutkan study, dan berbagai pencapaian yang tidak anda raih. Hal tersebut akan memberikan tekanan secara psikis. Tekanan tersebut juga paling sering dialami kalangan remaja karena secara usia pun masih belum begitu matang.
Sebenarnya post graduation stress adalah hal wajar. Namun menjadi masalah tersendiri jika dialami terus menerus. Bahkan hal tersebut bisa berdampak dari bagaimana anda merencanakan masa depan. Agar stress pasca kelulusan tidak berlama-lama di pikiran, cobalah atasi dengan beberapa cara sederhana. Semuanya berawal dari diri sendiri baru kemudian dampaknya akan dirasakan orang sekitar. Berikut beberapa cara sederhana dalam mengatasi post graduation stress.

Cara Mengatasi Post Graduation Stress

1. Fokus pada kesehatan

Ambil sisi positif jika belum memperoleh pekerjaan. Mungkin saja anda memiliki kesempatan untuk mengatur pola hidup sehat lagi. jadi fokuskan pada kesehatan. Selagi memiliki banyak waktu, maksimalkan untuk olahraga. Jangan sampai waktu luang yang banyak hanya dihabiskan untuk bermain game atau smartphone. Jika tubuh sehat, proses seleksi pekerjaan pun akan lebih mudah.

2. Perluas pengalaman

Jangan buang-buang waktu untuk melakukan hal tidak bermanfaat. Selagi mencari pekerjaan, cobalah perluas pengalaman. Misalnya dengan mendaftar kerja freelance, mengikuti organisasi sosial, komunitas tertentu, dll. Semakin luas pengalaman, maka semakin mudah anda untuk berbaur. Stress pun mampu diredam dengan kesibukan dari aktivitas-aktivitas memperluas pengalaman ini.

Baca Juga  Alasan Gaya Hidup Sehat Harus Anda Jalankan

3. Membuat rencana masa depan

Mungkin saja penyebab stress pasca lulus karena anda kurang perencanaan untuk masa depan. Memang waktu ke depannya siapapun tidak akan tahu. Namun ada baiknya persiapkan segalanya secara matang. Buatlah rencana masa depan secara baik. Berbagai kegiatan pun akan lebih terarah dengan rencana masa depan yang matang. Anda juga bisa melakukan evaluasi jika mengalami kegagalan dari rencana tersebut.

Baca juga Gaya Hidup dan Kebiasaan Orang Percaya Diri

4. Perluas jaringan pertemanan

Semakin luas pertemanan maka semakin terbuka pikiran anda. Anda tidak akan memandang seseorang secara subyektif. Ketika melihat fenomena seitar pun terasa makin obyektif. Alhasil anda tidak akan mudah down ketika melihat teman-teman memiliki pekerjaan terlebih dulu. Perluas pertemanan melalui komunitas, seminar, organisasi kemasyarakatan, dll.

5. Hilangkan pikiran tidak lebih baik dari teman-teman anda

Pikiran tidak lebih baik dari teman-teman sebenarnya boomerang bagi diri sendiri. Hal tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami stress sampai depresi. Semua orang memiliki keistimewaan tersendiri. Jadi jangan samakan apa yang anda raih dengan yang orang lain raih. Anda bisa menjadikan capaian seseorang sebagai motivasi. Namun tidak benar jika menjadikannya sebagai ajang untuk membandingkan. Sebab cara tersebut hanya akan membuat post graduation stress makin parah.
Kunci utama menyelesaikan tekanan tersebut sebenarnya ada pada diri sendiri. Jadi mulailah membenahi mindset agar makin ter-motivasi untuk lebih baik lagi.

itulah beberapa tips dari caramemelihara.com untu info budidaya dan tips gaya hidup terbaru silahkan subscribe agar tidak ketinggalan info terbaru dari kami.

Baca Juga  5 Tips Merubah Gaya Hidup Konsumtif Agar Lebih Hemat