Inilah Dampak Mengerikan Jika Terlalu Eksis Di Media Sosial

Dampak Mengerikan Jika Terlalu Eksis di Media Sosial

Diposting pada

Dampak Mengerikan Jika Terlalu Eksis di Media Sosial โ€“ Media sosial memang tempatnya berkomunikasi dan berinteraksi. Namun ternyata bisa menjadi pisau bermata dua. Bagian yang tajam mampu membuat banyak dampak mengerikan jika anda terlalu eksis. Banyak kalangan yang terlalu eksis di media sosial namun nyatanya memiliki kehidupan yang suram di dunia nyata. Bagi yang gemar ber-media sosial, ada baiknya tidak terlalu berlebihan dalam mengalokasikan waktunya. Tujuannya agar kehidupan anda tidak terpenjara di ranah maya saja dan mengabaikan kehidupan yang sesungguhnya.

Banyak dampak mengerikan jika terlalu eksis di media sosial. anda wajib tahu apa saja dampak tersebut agar bisa lebih menge-rem aktivitas di media sosial. Bisa jadi media sosial menjadi gerbang berbagai kejahatan orang lain kepada mereka yang kerap pamer kekayaan, kesenangan, dll. Atau bisa juga menyebabkan rasa kecemburuan dan buruk sangka. Nah, bagi yang aktif menggunakan media sosial, kenali dulu apa saja dampak mengerikannya jika terlalu eksis di media satu ini.

Baca Juga  Kenali 5 Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Dampak Terlalu Eksis di Media Sosial

1. Ketergantungan

Tidak hanya narkoba dan minuman keras saja. Media sosial juga bisa menimbulkan ketergantungan. Terlalu eksis di media sosial akan membuat anda merasa hampa jika sesaat saja lepas darinya. Anda akan merasa kurang bahagia, merasa kehilangan, dll tanpa menggunakan media sosial. Perasaan ketergantungan tersebut juga akan membuat anda berubah menjadi orang anti sosial perlahan-demi perlahan.

2. Suasana hati mudah berubah

Suasana hati mudah berubah jika terlalu eksis di media sosial. Sebab berbagai peristiwa, hal, dan situasi tumpah ruah di beranda media sosial anda. Secara tidak langsung, hal-hal tersebut akan mempengaruhi suasana hati anda. Misalnya ketika membaca berita sedih, sejenak akan turut merasakan hal tersebut. Belum lama bersedih, anda akan membaca status lucu. Hal tersebut membuat suasana hati mudah berubah. Jika terlalu sering, anda akan sulit mengontrol emosi sehingga akan berubah menjadi pribadi yang bergantung dengan mood.

3. Meningkatkan risiko depresi

Suasana hati yang mudah berubah pun mampu meningkatkan risiko depresi. Misalnya ketika kita melihat foto wanita yang kalah cantik dengan diri sendiri, tentu saja akan muncul rasa kecemburuan sosial. Mungkin 1-2 kali tidak akan berdampak apapun. Namun jika sering membanding-bandingkan apa yang diposting teman dengan apa dimiliki sendiri, akan membuat anda merasa tertuntut untuk lebih dari orang lain. Hal inilah yang berpotensi meningkatkan risiko depresi.

Baca Juga  5 Hal Yang Membuat Generasi Milenial Mudah Galau

4. Menimbulkan kecemburuan sosial

Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial adalah ajangnya pamer berbagai hal. Misalnya kekayaan, pasangan, keluarga, kesenangan, dll. Mungkin niat awalnya tidak ingin pamer. Namun orang lain yang melihat anda sering posting kesenangan dan kelebihan yang dimiliki, bisa jadi mereka akan menyimpan rasa cemburu. Kecemburuan sosial sangat buruk dampaknya bagi semua orang. Risiko keamanan pun akan lebih besar dari adanya kecemburuan sosial ini.

Memang media sosial sangat bermanfaat untuk saat ini. Gunakanlah secara bijak agar manfaatnya bisa anda rasakan tanpa menimbulkan dampak negatif.

Nilai Kualitas Konten