Manfaatkan Uang Untuk Berbahagia Dengan Cara Ini

Manfaatkan Uang Untuk Berbahagia Dengan Cara Ini

Diposting pada

Manfaatkan Uang Untuk Berbahagia Dengan Cara Ini – Segalanya memang tidak bisa dibeli dengan uang. Namun dengan uang, kita bisa memanfaatkannya untuk membahagiakan diri sendiri atau orang lain. Tergantung bagaimana anda menilai dari sudut pandang pribadi. Agar uang yang anda miliki tidak menguap begitu saja, anda bisa memanfaatkannya untuk memiliki hidup yang lebih bahagia. Tentu saja kebahagiaan tidak bisa diukur dari uang. Namun uang juga menjadi faktor pendukung kebahagiaan tersebut. Ada banyak cara yang bisa anda coba untuk berbahagia.

Mulai dari jeli membeli sesuatu, merencanakan masa depan, sampai pandai memperlakukan bagaimana seharusnya kebahagiaan itu sendiri. Tidak selamanya yang memiliki banyak uang mampu mendapatkan gaya hidup bahagia. Jadi takaran utamanya bukan faktor banyak atau sedikitnya uang. Namun dari bagaimana anda membelanjakan apa yang anda miliki dengan cara yang tepat. Nah, berikut beberapa cara mudah yang bisa anda coba agar tetap bahagia dengan memanfaatkan uang secara cermat.

Cara Memanfaatkan Uang Untuk Berbahagia

1. Beli pengalaman

Jangan hanya menggunakan uang untuk membeli barang. Melainkan dapatkan pengalaman dari apa yang anda beli. Menurut Elizabeth Dunn, profesor psikologi dari Universitas Columbia, dampak kebahagiaan dalam menggunakan uang akan terasa lebih besar jika anda berlibur dan bersosialisasi dibandingkan hanya membeli barang. Alih-alih membeli barang, cobalah sesekali gunakan uang untuk mengikuti seminar, berlibur, atau berbagai hal menarik lainnya.

2. ‘Membeli waktu’

Membeli waktu maksudnya mampu menggunakan uang untuk mendapatkan berbagai kemudahan dan efisiensi di kehidupan sehari-hari. Misalnya saja jika anda membeli ponsel terbaru. Anda harus berpikir bahwa membeli ponsel bertujuan untuk memudahkan kehidupan. Jangan hanya terpengaruh iklan atau trend semata. Hal ini juga berlaku untuk hal lainnya. anda harus mampu membeli suatu barang yang mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan agar uang yang dikeluarkan tidak terasa sia-sia.

Baca Juga  Alasan Logis Mengapa Baju Baru Harus Dicuci Dulu

3. Investasi masa depan

Masa depan memang tidak ada yang tahu. Namun mempersiapkannya wajib. Investasi adalah cara tepat dalam mempersiapkan masa depan. Anda bisa berbahagia hari ini sampai kedepannya jika mampu membagi penghasilan untuk kebutuhan saat ini sampai investasi masa depan. Jangan habiskan semua penghasilan. Pastikan anda memiliki tabungan untuk antisipasi berbagai hal.

4. Perlakukan kebahagiaan dengan baik

Banyak yang memiliki uang tapi tidak merasa bahagia. Sebab ketika mendapatkan sebuah barang, rasanya bukan barangnya yang berharga. Melainkan kemudahan dalam membelinya. Padahal perasaan bahagia ini bisa anda dapatkan jika anda memperlakukan kebahagiaan secara baik. Anda bisa memulai dari menghargai apapun barang yang anda beli dan batasi keinginan untuk membeli sesuatu secara berlebihan untuk menghindari hal-hal buruk lainnya.

5. Perpanjang ‘masa aktif kebahagiaan’

Jika anda membeli barang yang sifatnya sekali pakai atau hanya bisa dinikmati saat itu saja, rasanya begitu sia-sia. Dampak kebahagiaan pun akan terasa singkat. Jika ingin membeli sesuatu, pastikan barang tersebut bisa digunakan untuk jangka panjang. Terlebih jika nominalnya sangat besar. Memang terkesan perhitungan. Namun jika anda memiliki mindset tersebut, budget besar pun tidak akan terasa sia-sia.

Memang segalanya tidak bisa dibeli dengan uang. Namun jika kita mampu memanfaatkannya dengan baik, kebahagiaan pun bisa kita dapatkan. Semoga bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten