Menanam Kacang Panjang Agar Panennya Berlimpah

5 Panduan Dasar Menanam Kacang Panjang Agar Panennya Berlimpah

Diposting pada

Panduan Menanam Kacang Panjang Agar Panennya Berlimpah – Masyarakat di Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan kacang panjang, sebab jenis sayuran yang satu ini memang sangatlah populer. Sesuai dengan namanya, kacang panjang memang memiliki bentuk yang panjang menjuntai sehingga disebut dengan nama kacang panjang. Seperti yang bisa Anda lihat bahwa kacang panjang seringkali diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat sehingga disukai oleh banyak orang, selain itu kacang panjang juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

Baca Juga  5 Tahap Mudah Cara Budidaya Rambutan Binjai Untuk Pemula

Di Indonesia sendiri, kacang panjang biasa ditanam oleh para petani pada musim penghujan meskipun jenis tumbuhan ini sangat mudah sekali didapatkan pada kawasan yang lumayan panas di asia. Namun demikian, bukan berarti kacang panjang tidak bisa ditanam pada musim kemarau, hanya saja pada musim penghujan kurang sesuai ditanami tanaman yang lain sehingga para petani lebih memilih kacang panjang. Menanam kacang panjang pada musim penghujan juga lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu lagi menyiram tanaman. Apabila Anda merasa tertarik, maka pada kesempatan ini akan kami ulas panduan menanam kacang panjang agar panennya berlimpah.

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Panennya Berlimpah

1. Persiapan Lahan Untuk Bibit

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin menanam kacang panjang yakni melakukan persiapan lahan, tanaman kacang panjang membutuhkan lahan yang subur dan gembur sehingga Anda harus menggemburkannya dengan cangkul terlebih dahulu, Anda juga harus membersihkan lahan dari rumput liar, selain itu Anda perlu memberikan pupuk kandang ataupun kompos pada lahan yang akan ditanami.

2. Proses Penanaman Kacang Panjang

Anda bisa mendapatkan benih kacang panjang di toko pertanian, pilihlah benih yang berkualitas. Benih kacang panjang tersebut bisa Anda rendam terlebih dahulu di dalam satu liter air yang dicampur dengan 10 tetes ZPT auxin selama 6 jam. Benih kacang panjang yang telah direndam bisa Anda tanam di lahan, namun akan membutuhkan waktu antara 2 hingga 4 hari sebelum benih tersebut tumbuh.

3. Pemasangan Ajir atau Penyangga

Perlu diketahui bahwa tanaman kacang panjang membutuhkan ajir yang akan berfungsi sebagai penyangga dan juga tempat merambat bagi tanaman tersebut. Sebaiknya pemasangan ajir dilakukan segera setelah Anda menanam benih dengan tujuan untuk mencegah luka pada bagian akar, Anda bisa menggunakan bambu ataupun kayu sebagai ajir dengan ketinggian minimal 180 cm.

4. Perawatan Tanaman Kacang Panjang

Tentu saja Anda harus merawat tanaman kacang panjang agar bisa tumbuh dengan subur serta menghasilkan panen yang berlimpah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam proses perawatan tanaman kacang panjang, Anda harus melakukan pemupukan ulang menggunakan urea dan ZA, selain itu Anda juga harus melakukan penyiangan dengan membersihkan gulma di sekitar tanaman.

5. Panen Kacang Panjang

Kini saatnya Anda menikmati hasil jerih payah Anda dengan memanen kacang panjang, perlu diketahui bahwa tanaman kacang panjang telah bisa dipanen pada saat usianya memasuki 50 hingga 60 hari sejak masa tanam. Perlu diingat bahwa kacang panjang hendaknya dipanen sebelum usianya terlalu tua, alangkah baiknya jika Anda melakukan proses pemanenan pada pagi ataupun sore hari.

Itulah beberapa tips paduan dasar menanam kacang panjang agar panenya berlimpah, tahukah anda ternyata jenis sayuran ini tak hanya berfungsi sebagai bahan masakan saja namun bisa di jadikan lalapan karena selain sehat juga kaya akan protein, kandungan yang ada pada kacang panjang adalah protein yang baik, diantaranya merupakan vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan. Nilai gizi pada kacang panjang (mentah) per 100 g (3.5 oz), selain itu juga kaya akan Energi 196 kJ, Karbohidrat 8 g, Diet serat, Lemak, Protein 200 gram. Daunya pun juga bermanfaat kadang sebagai pelengkap pada sayuran pecel, yang biasa di sebut dengan daun lembayung. Bagaimana, Apakah anda tertarik untuk melakukan budidaya kacang panjang ?

Bagi Kalian yang merasa tertarik untuk melakukan usaha budidaya kacang panjang, maka Anda bisa mengikuti panduan simpel di atas langkah demi langkah, semoga bermanfaat. dapatkan juga tips serta informasi menarik lainya hanya di cara memelihara

Nilai Kualitas Konten