Panduan Budidaya Buncis Agar Panen Berlimpah

Panduan Budidaya Buncis Agar Panen Berlimpah

Diposting pada

Panduan Budidaya Buncis Agar Panen Berlimpah – Buncis, jenis sayuran yang satu ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi Anda karena buncis memang termasuk ke dalam jenis sayuran yang sangat populer untuk dikonsumsi. Apabila dilihat sepintas, buncis memiliki bentuk yang menyerupai kacang panjang, hal ini tidaklah mengherankan karena buncis memang masih satu keluarga dengan tanaman kacang-kacangan yang lain termasuk kacang panjang. Buncis sendiri akan tumbuh dengan subur jika ditanam di dataran tinggi, namun kini sudah tersedia varietas buncis untuk dataran rendah.

Baca Juga  Panduan Budidaya Cabe Organik Agar Panen Berlimpah

Buncis sendiri sering diolah menjadi berbagai macam hidangan yang rasanya lezat baik itu sebagai menu rumahan maupun menu di restoran. Selain rasanya yang lezat, buncis ternyata juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh sehingga membuat buncis menjadi sayuran favorit bagi banyak orang. Tingginya jumlah permintaan terhadap buncis tentu saja menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan, pada kesempatan ini akan kami ulas panduan budidaya buncis agar panen berlimpah.

Panduan Budidaya Buncis Agar Panen Berlimpah

1. Mengolah Lahan

Langkah awal yang harus dilakukan apabila ingin menanam buncis adalah mengolah lahan terlebih dahulu, tanaman buncis membutuhkan tanah yang gembur agar bisa tumbuh dengan subur sehingga Anda harus mencangkul atau membajaknya terlebih dahulu. Lahan sebaiknya dibersihkan dari gulma atau rumput liar, selain itu Anda juga perlu melakukan pemupukan dasar menggunakan kompos atau pupuk kandang.

2. Menyiapkan Benih Buncis

Langkah berikutnya yang juga harus Anda lakukan adalah menyiapkan benih buncis. Saat ini Anda tidak perlu repot mendapatkan benih buncis karena Anda sudah bisa membelinya di toko pertanian, namun pastikanlah untuk memilih benih buncis yang berkualitas. Anda bisa memilih benih kacang panjang yang bisa ditanam di dataran rendah maupun benih yang bisa ditanam di dataran tinggi.

3. Menanam Benih Buncis

Sebelum melakukan proses penanaman, tentu saja Anda harus membuat lubang tanam terlebih dahulu dengan jarak kurang lebih 40 cm x 40 cm dengan kedalaman 10 cm. Anda bisa memasukkan satu benih buncis untuk setiap lubang, benih buncis akan tumbuh dalam waktu sekitar satu minggu, selain itu Anda juga perlu untuk memberikan ajir setinggi 2 meter yang berfungsi sebagai tempat merambat.

4. Pemeliharaan Tanaman Buncis

Seperti halnya tanaman yang lain, tanaman buncis tentu saja membutuhkan perawatan agar bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen yang berlimpah. Anda harus memastikan bahwa tanaman buncis tidak kekurangan air, Anda juga harus melakukan penyiangan terhadap gulma yang tumbuh di sekitar tanaman, selain itu Anda juga harus melakukan pemupukan ulang.

Baca Juga  Cara Budidaya Pisang Kepok Untuk Pemula

5. Masa Panen Buncis

Masa panen adalah momen yang paling dinantikan oleh para petani buncis, perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa buncis pada umumnya sudah mulai bisa dipanen pada usia 60 hari sejak masa tanam. Cara memanennya pun sangatlah mudah di mana Anda bisa memetiknya secara langsung menggunakan tangan kosong, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemanenan pada pagi atau sore hari.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk melakukan usaha budidaya buncis, maka Anda bisa mengikuti panduan yang ada di atas. kunjungi caramemelihara.com untuk informasi menarik seputar budidaya tumbuhan.

Nilai Kualitas Konten