Panduan Budidaya Ikan Louhan Di Akuarium Untuk Pemula

Panduan Budidaya Ikan Lou han di Akuarium Untuk Pemula

Diposting pada

Panduan Budidaya Ikan Louhan di Akuarium Untuk Pemula – Louhan, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini, pasalnya louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat populer di Indonesia. Ikan Lou han sendiri berasal dari Malaysia dan Taiwan yang kemudian menyebar ke negara-negara yang lain, termasuk Indonesia, perlu Anda ketahui bahwa Louhan merupakan ikan hasil persilangan antara ikan merah cichlid dengan ikan parrot cichlid yang mana ikan Louhan memiliki ciri khas adanya benjolan di bagian kepalanya.

Ikan Louhan sendiri pernah menjadi ikan hias primadona pada tahun 2000-an yang mana jenis ikan ini harganya melambung tinggi, bahkan para peminatnya ada yang rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah demi bisa mendapatkan ikan favoritnya. Meskipun saat ini ikan Louhan tidak lagi setenar dulu, namun jenis ikan ini masih memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya sehingga hal tersebut bisa dijadikan sebagai sebuah peluang bisnis yang menarik, pada kesempatan ini akan kami ulas panduan budidaya ikan Louhan di akuarium.

Panduan Budidaya Ikan Louhan di Akuarium Untuk Pemula

1. Menyiapkan Akuarium

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan apabila ingin membudidayakan ikan Louhan yakni menyiapkan akuarium terlebih dahulu, Anda bisa membuat akuarium dengan ukuran minimal 40 x 40 x 70 cm. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa membelinya di toko ikan hias, selain itu Anda juga harus menyiapkan aerator, lampu UV, filter, serta bebatuan dan tanaman air agar akuarium menyerupai habitat aslinya.

Baca Juga  Cara Budidaya Kepiting Bakau di Air Tawar Hingga Panen

2. Memilih Indukan Louhan

Setelah menyiapkan akuarium, Anda harus memilih indukan ikan Louhan, namun tentu saja Anda harus memilih indukan Louhan yang berkualitas. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih indukan Louhan antara lain tidak memiliki cacat fisik, benjolan kepala memiliki ukuran minimal 10 cm, dan gerakannya lincah, selain itu pilihlah indukan Louhan dengan warna yang menarik.

3. Pemberian Pakan

Perlu Anda ketahui bahwa pakan memegang peranan yang sangat penting dalam usaha budidaya ikan Louhan, tentu saja Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih pakan untuk Louhan. Pakan untuk Louhan sendiri bisa dikategorikan menjadi dua macam yakni pakan buatan berupa pelet yang memiliki kandungan protein tinggi serta pakan aami berupa jangkrik, cacing, dan udang kecil.

 

4. Periksa Kualitas Air

Selain pakan yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan kualitas air yang digunakan untuk memelihara ikan Louhan. Tentu saja Anda harus selalu memeriksa kualitas air yang ada di akuarium, jika ternyata air yang digunakan telah keruh dan tidak layak, maka Anda harus segera mengganti airnya dengan yang baru sehingga ikan Louhan tetap sehat dan tidak terserang penyakit.

5. Pemijahan Ikan Louhan

Proses perkawinan pada ikan Louhan biasanya memakan waktu selama satu hingga dua hari. Indukan Ikan Louhan yang telah melewati proses perkawinan akan mengeluarkan telur, namun tidak semua telur dibuahi. Ciri telur yang dibuahi adalah warnanya yang putih, telur tersebut akan menetas dalam waktu kurang lebih 48 jam, setelah itu pisahkan induk Louhan dari anak-anaknya.

Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat populer, Anda bisa melakukan budidaya Louhan dengan mengikuti panduan di atas. informasi mengenai bagaimana cara berbudidaya yang baik dan benar bisa anda dapatkan hanya di caramemelihara.com

Baca Juga  Cara Meningkatkan Produksi Telur Pada Budidaya Burung Puyuh

Nilai Kualitas Konten