Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Kenali 5 Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Diposting pada

Kenali 5 Rahasia Panjang Umur Orang Jepang – Kebanyakan orang menganggap tingkat bunuh diri masyarakat Jepang sangat tinggi. Padahal disisi lain, orang Jepang juga dikenal memiliki gaya hidup sehat dan memiliki banyak orang yang panjang umur. Umur panjang kebanyakan orang Jepang diperoleh dari kebiasaan mereka dalam melakukan gaya hidup. Gaya hidup minimalis, sehat dan teratur menjadi alasan utama mengapa kebanyakan mereka mampu hidup lebih lama tanpa sakit parah. Anda pun bisa meniru rahasia panjang umur mereka.

Baca Juga  Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis

Memang yang namanya umur siapapun tidak ada yang mengira. Namun setidaknya kesempatan yang diberikan Tuhan tidak anda sia-siakan begitu saja. Anda bisa meniru gaya hidup orang Jepang untuk mendapatkan hidup lebih sehat dan bahagia. Jadi tidak hanya soal kedisiplinannya saja. anda pun bisa meniru beberapa prinsip dan gaya hidup masyarakat negeri matahari terbit ini. Nah, berikut ini beberapa rahasia panjang umur orang Jepang yang bisa anda tiru.

5 Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

1. Pensiun setelah umur 65 tahun

Usia pensiun di Jepang ditetapkan pada umur 65 tahun. Usia tersebut dinilai sebagai usia yang sudah tidak produktif dan istirahat adalah prioritas utama untuk menjaga kesehatan. Setelah pensiun, kebanyakan orang Jepang akan menghabiskan waktunya untuk olahraga, berkebun, atau melakukan hobi-hobi mereka yang tertunda karena sibuk bekerja. Tidak ada salahnya merencanakan usia pensiun selagi masih muda untuk persiapan jangka panjang.

2. Memiliki ‘ikigai’

Bagi orang Jepang, alasan untuk hidup sangat berguna untuk menjaganya agar tetap bertahan dan bersemangat. Mereka akan terus menemukan ‘ikigai’ atau alasan hidup demi tujuan tersebut. Salah satu ‘ikigai’ mereka adalah hobi. Orang Jepang begitu serius dalam hobi mereka. Anda bisa meniru mindset mereka agar bersemangat dalam menjalani hidup. Baik melalui hobi, spiritual, orang terdekat, dll.

3. Olahraga rutin bersama

Begitu seriusnya pemerintah Jepang memperhatikan kalangan lansia, maka program ‘rajio taiso’ kerap diselenggarakan. Program tersebut merupakan olahraga bersama rutin yang disiarkan langsung melalui radio. Dengan olahraga bersama, diharapkan aktivitas tersebut akan lebih menyemangati para pelakunya. Tujuannya agar hidup lebih sehat sehingga memungkinkan umur lebih panjang.

4. Memiliki prinsip ‘hara hachi bu’

Sebagian besar penyakit berasal dari perut. Orang Jepang paham sekali dengan fakta tersebut. Mereka pun menerapkan prinsip ‘hara hachi bu’ yang berarti makan secukupnya. Makan sampai kekenyangan tidak disukai masyarakat Jepang. Sebab cara makan tersebut akan mengurangi produktivitas mereka dan membuka berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh. Gaya hidup sehat ini pun bisa anda tiru untuk kebaikan diri sendiri.

Baca Juga  5 Contoh Resolusi Sederhana 2019 Yang Menarik Dicoba
5. Memiliki jadwal makan teratur

Selain memiliki prinsip makan secukupnya, jadwal makan orang Jepang juga sangat teratur. Mereka yakin jika jadwal makan teratur, makanan akan mudah dicerna dan menghadirkan banyak manfaat bagi tubuh. Berbagai penyakit pun dipercaya tidak mudah masuk ke tubuh jika jadwal makannya sudah teratur. Mereka pun mengusung porsi makan yang kecil untuk menghindari terlalu banyak makanan yang dicerna.

Itu dia beberapa kebiasaan orang Jepang yang bisa anda tiru agar gaya hidup sehat dan potensi panjang umur bisa anda dapatkan. Semoga bermanfaat.  untuk melihat tips lainya yang bermanfaat silahkan kunjungi caramemelihara.com

Nilai Kualitas Konten