Meningkatkan Produksi Telur Puyuh

Cara Meningkatkan Produksi Telur Pada Budidaya Burung Puyuh

Diposting pada

Cara Meningkatkan Produksi Telur Pada Budidaya Burung Puyuh – Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan telur puyuh, pasalnya jenis telur ini sangatlah populer untuk dikonsumsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya, telur puyuh merupakan telur yang dihasilkan oleh burung puyuh, telur yang satu ini memiliki ciri yang sangat khas yakni bentuknya yang sangat kecil serta warna kulitnya yang cokelat dengan motif abstrak. Meskipun ukurannya jauh lebih kecil daripada telur ayam, namun telur puyuh memiliki rasa yang lezat sehingga disukai oleh banyak orang. simak juga cara budidaya burung tekukurBudidaya Telur Burung Puyuh

Baca Juga  Cara Budidaya Burung Falk Untuk Pemula

Telur puyuh sendjri sering diolah dengan berbagai macam cara untuk dijadikan sebagai hidangan yang lezat. Permintaan terhadap telur puyuh yang jumlahnya selalu tinggi tentu saja akan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan sehingga membuat banyak orang melakukan usaha budidaya burung puyuh untuk diambil telurnya. Namun demikian masih ada banyak peternak puyuh yang belum bisa menghasilkan panen yang banyak. Jika Anda merasa penasaran, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara meningkatkan produksi telur pada budidaya burung puyuh.

Cara Meningkatkan Produksi Telur Pada Budidaya Burung Puyuh

1. Memberikan Ransum

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi telur pada budidaya burung puyuh adalah dengan cara memberikan ransum, perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa ransum merupakan campuran pakan yang biasa diberikan pada hewan ternak, termasuk burung puyuh. Alangkah baiknya apabila Anda memberikan ransum yang memiliki kandungan beberapa zat gizi yang mampu untuk meningkatkan produktivitas telur seperti protein, karbohidrat, dan mineral.Cara Meningkatkan Produksi Telur Pada Budidaya Burung Puyuh

2. Memberikan Vitamin

Cara berikutnya yang juga bisa dilakukan guna meningkatkan produksi telur pada burung puyuh yakni dengan memberikan vitamin. Tidak hanya manusia, burung puyuh ternyata juga membutuhkan vitamin. Anda bisa memberikan vitamin khusus yang bertujuan untuk meningkatkan produksi telurnya, saat ini Anda telah bisa menemukan berbagai macam vitamin khusus untuk burung puyuh yang dijual di pasaran, namun perlu diingat bahwa dosis pemakaiannya berbeda-beda tergantung merek.

3. Merangsang Nafsu Makan

Perlu Anda ketahui bahwa jumlah makanan yang dikonsumsi oleh burung puyuh akan sangat mempengaruhi jumlah telur yang diproduksinya, oleh karena itulah Anda harus merangsang nafsu makan burung puyuh. Pada umumnya seekor burung puyuh mampu bertelur sekitar 200 – 300 butir per tahunnya, akan tetapi Anda masih bisa meningkatkan produksi telurnya dengan cara menambah takaran pakan atau menambah jumlah wadah pakan yang diberikan.

Baca Juga  Panduan Budidaya Ayam Petelur Bagi Pemula

4. Menjaga Agar Burung Puyuh Tidak Stres

Selain ketiga hal yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus menjaga agar burung puyuh tidak stres. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena burung puyuh yang mengalami strses akan bisa menurunkan produksi telurnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mencegah burung puyuh mengalami stres antara lain dengan memilih lokasi yang jauh deri kebisingan, membersihkan kotoran dan sisa makan, serta menjauhkan dari jangkauan anak kecil.

Apabila Anda kesulitan dalam meningkatkan produksi telur pada usaha budidaya burung puyuh, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara yang ada di atas.

Apabila informasi ini menarik, silahkan share, like & comment di bawah, untuk informasi seputar budidaya lainya silahkan kunjungi caramemelihara.com

Nilai Kualitas Konten