Tips Mudah Lepas Dari Smartphone

4 Tips Mudah Agar Sejenak Lepas Dari Gadget

Diposting pada

Tips Mudah Agar Sejenak Lepas Dari Gadget – Gadget merupakan salah satu kebutuhan masa kini. Bahkan mampu menunjang gaya hidup seseorang. Namun dunia tak hanya sebatas gadget. Ada yang lebih penting dari sekedar gawai di genggaman. Yakni interaksi dengan keluarga, orang lain, hingga kesehatan diri sendiri. Untuk mengantisipasi stress, menghilangkan risiko kejahatan, mengurangi risiko menjadi pribadi anti-sosial, wajib kiranya untuk sejenak saja lepas dari gadget. Hal tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi ketergantungan dari alat komunikasi ini.

Meskipun lepas dari gadget sepenuhnya sangat sulit, namun sejenak rehat dari aktivitas gadget tidak ada salahnya untuk dicoba. Anda pun bisa tidur lebih pulas, hidup lebih sehat, dan hubungan dengan orang sekitar lebih harmonis. Memang gawai mampu menghubungkan yang jauh menjadi lebih dekat. Namun jangan sampai menjauhkan yang dekat karena anda terlalu fokus pada gawai di genggaman. Berikut beberapa tips untuk sejenak lepas dari gadget.

Tips Gampang Supaya Bisa Lepas Dari Gadget

Tips Lepas Dari Gadget

1. Matikan saat akan tidur

Mematikan gadget saat akan tidur akan membuat kualitas tidur lebih baik. anda tidak akan terganggu dengan bunyi notifikasi ponsel. Jika ingin setting alarm, anda bisa menggunakan jam. Upayakan untuk melakukan hal tersebut secara teratur. Ponsel yang off ketika tidur juga memiliki efek radiasi. Selain baik untuk tidur nyenyak, tubuh pun lebih sehat tanpa adanya efek radiasi dari ponsel tersebut.

2. Prioritaskan keluarga jika sudah di rumah

Mungkin ketika bekerja atau beraktivitas di luar, gadget sangat penting. Namun ketika sampai di rumah, alihkan prioritas anda. Prioritaskan komunikasi dengan keluarga. Bila perlu, simpan gadget di kamar dan ajak keluarga bermain bersama di ruang keluarga. Dengan mengalihkan perhatian dari gadget ke keluarga, anda bisa lepas sejenak dari aktivitas bermain gawai. Hubungan dengan anggota keluarga pun terasa lebih hangat.

3. Miliki prinsip tidak memegang ponsel saat makan atau berbicara dengan orang lain

Mulai sekarang cobalah terapkan prinsip tidak memegang gadget apapun ketika makan dan berbicara. Hal tersebut akan membuat waktu lebih terpangkas. Anda akan lebih cepat ketika makan karena tidak sembari sibuk bermain gadget. Selain itu, anda akan dinilai sebagai pribadi penuh sopan santun ketika berbicara tanpa memegang ponsel. Kualitas pembicaraan pun lebih baik. Sebab, anda lebih berkosentrasi dalam berkomunikasi dengan lawan bicara tanpa gadget.

4. Tinggalkan di rumah jika bepergian ke tempat dekat

Mungkin cara satu ini cukup menantang. Namun bisa anda coba agar sejenak lebih bebas tanpa gawai. Jika sekedar belanja ke warung tetangga, mengajak anak jalan-jalan di sekitar kompleks, atau kerja bakti bersama warga sekitar, ada baiknya tinggalkan gawai di rumah. Sebab fungsinya tidak begitu penting. Anda pun bisa lebih akrab dengan orang sekitar tanpa dicap sebagai orang anti-sosial atau sok sibuk karena sangat lekat dengan gadget di genggaman.

Demikian beberapa tips mudah agar kita bisa sejenak lepas dari gadget. Selamat mencoba dan semoga membantu anda.

Nilai Kualitas Konten