Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis

Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis

Diposting pada

Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis – Tidak hanya rumah minimalis yang sedang trend. Gaya hidup minimalis pun mulai merambah masyarakat Indonesia. gaya hidup satu ini kerap dilakukan masyarakat Jepang. Dalam gaya hidup minimalis, seseorang akan memiliki barang yang sesuai kebutuhan. Alokasi budget untuk belanja pun lebih hemat. Meskipun beberapa aspek seakan terpangkas, namun pelaku gaya hidup satu ini tetap nyaman dengan apa yang dilakukannya. Bahkan dampaknya bagi kesehatan tubuh, pikiran, hingga finansial begitu besar dengan gaya hidup satu ini.

Bagi yang saat ini ingin berubah dari gaya hidup konsumtif ke lebih minimalis, anda bisa melakukannya dari cara yang sederhana. Gaya hidup satu ini diprediksi akan tetap menjadi trend jangka panjang. Kebanyakan pelakunya justru dari masyarakat urban perkotaan. Selain menghemat budget, gaya hidup ini juga mampu menjaga lingkungan hingga memperoleh ketenangan batin. Tertarik untuk mencoba gaya hidup minimalis, cobalah beberapa tips memulainya berikut ini.

Baca Juga  Alasan Gaya Hidup Sehat Harus Anda Jalankan

Berbagai Tips Memulai Gaya Hidup Minimalis

1. Miliki prinsip “satu masuk, satu keluar”

Prinsip “satu masuk, satu keluar” berarti memastikan satu barang dibuang atau didonasikan terlebih dulu jika hendak membeli barang lagi. Hal tersebut juga berlaku kelipatan. Tujuannya agar anda lebih mempertimbangkan ketika hendak membeli barang apapun. Selain itu, anda juga tidak akan menimbun banyak barang. Dari segi pengeluaran pun lebih tertata dengan mengusung prinsip sederhana ini.

2. Miliki tujuan yang jelas

Dalam menerapkan gaya hidup minimalis, anda harus memiliki tujuan yang jelas dulu. Sebab tanpa tujuan, anda akan merasa bosan dan tidak betah hidup dengan gaya minimalis ini. Tujuan menerapkan gaya hidup ini antara lain untuk menekan sifat konsumtif, menyelesaikan utang konsumsi, turut menjaga lingkungan, memperoleh ketenangan batin, dsb. Miliki tujuan yang jelas agar anda bisa mengingat niat awal dan lebih mudah menjalani gaya hidup satu ini.

3. Minimalisir jumlah barang yang dimiliki

Kumpulkan sepatu, tas, aksesoris, pakaian, barang-barang lain yang tidak lagi anda perlukan. Jika masih layak, sumbangkan ke yang membutuhkan. Jika memang masih bernilai jual, cobalah buat garage sale atau preloved sale. Anda bisa meminimaliris kepemilikan barang sekaligus mendapatkan uang dari kegiatan tersebut.

4. Manfaatkan teknologi digital lebih banyak

Teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk memulai gaya hidup minimalis. anda bisa mempersedikit kepemilikan barang. Misalnya dengan tidak menyimpan tumpukan foto di album fisik. Namun cukup disimpan di file digital saja. anda tidak perlu lagi membeli CD musik artis kesukaan. Cukup streaming dari platform resmi sudah membantu artis tersebut mendapatkan royalti sekaligus memudahkan anda mengakses musik secara lebih cepat. Memanfaatkan teknologi digital juga berlaku untuk aspek lainnya.

5. Beli barang berkualitas dan fungsional

Ubahlah mindset belanja anda mulai saat ini. Ubah mindset membeli barang karena bagus dengan membeli barang karena butuh dan berfungsi. Jangan terpengaruh dengan trend atau kemasan semata. Pertimbangkan membeli barang atas dasar kebutuhan sehingga apa yang anda perlukan akan terpenuhi dari barang yang anda beli. Budget pun lebih hemat dan tidak terasa sia-sia. Barang pun tidak menumpuk di sudut ruangan karena anda membelinya sesuai kebutuhan.

Itu dia beberapa tips sederhana dalam memulai gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat dan menambah inspirasi anda. ikuti info menarik lainya di caramemelihara.com

Nilai Kualitas Konten