5 Tips Merubah Gaya Hidup Konsumtif Agar Lebih Hemat

5 Tips Merubah Gaya Hidup Konsumtif Agar Lebih Hemat

Diposting pada

5 Tips Merubah Gaya Hidup Konsumtif Agar Lebih Hemat โ€“ Gaya hidup konsumtif sangat lekat dengan budaya hedonisme. Memang menyenangkan untuk sesaat karena kita bisa memiliki segala yang diinginkan. Namun dampaknya sangat buruk untuk jangka panjang. Mungkin tidak begitu terasa jika finansial kita tercukupi. Namun jika secara finansial saja pas-pasan sementara masih mengusung gaya hidup konsumtif, maka dampak buruknya yang anda rasakan begitu besar. Namun tidak ada kata terlambat untuk mengubah gaya hidup konsumtif menjadi gaya hidup hemat.

Anda bisa merubahnya dari hal terkecil. Selain itu, anda bisa menyusun beberapa rencana terkait anggaran untuk menekan keinginan menghamburkan uang. Sifat konsumtif pun dinilai sebagai sifat yang intoleran. Sebab di luaran sana masih banyak orang yang membutuhkan. Sementara yang berlebih disini menghamburkan uangnya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Nah, agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, ubah gaya hidup konsumtif dengan beberapa tips berikut ini.

Tips Merubah Gaya Hidup Konsumtif

1. Susun anggaran belanja

Agar anggaran belanja tidak bocor kemana-mana, susun terlebih dulu apa saja yang akan anda beli. Jika perlu, rencanakan belanja untuk satu bulan. Pastikan minimalkan budget dan beli apa yang anda butuhkan. Dengan anggaran belanja yang tersusun, pengeluaran pun lebih hemat. Sifat konsumtif pun lebih mudah ditekan karena sudah dipatok dengan anggaran belanja dalam jumlah tertentu.

2. Belanja sesuai prioritas

Mulai sekarang prioritaskan apa yang benar-benar kebutuhan dan apa yang hanya keinginan. Mulailah belajar membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Utamakan membeli sesuatu karena kebutuhan dibandingkan yang karena keinginan. Dengan demikian, uang yang anda keluarkan pun tidak sia-sia. manfaat dari barang pun mampu dirasakan secara optimal.

Baca Juga  Kenali 5 Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

3. Kurangi hangout bersama teman

Meskipun menyenangkan, jalan-jalan bersama teman akan membuat anda lebih konsumtif. Pasti anda akan nongkrong di cafe, jajan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, atau belanja barang yang sebenarnya tidak perlu. Jika ingin bertemu teman, anda bisa berkumpul di rumah dan makan bersama. Budget pun lebih hemat dengan mengurangi aktivitas hangout anda.

4. Berpikir matang sebelum membeli

Agar tidak terlalu boros, cobalah berpikir dua kali sebelum membeli apapun. Anda harus memikirkan apa manfaat barang tersebut, bagaimana keawetannya, dll. Jika memang manfaatnya hanya sekali pakai sementara ada barang lain yang bisa lebih awet, maka pilihlah yang masih awet. Jangan langsung membeli karena faktor suka saja. pastikan anda membeli sesuatu karena kebutuhan.

5. Mulai menabung

Masa depan memang bisa direncanakan dari sekarang. Mulailah menabung untuk berjaga-jaga terhadap situasi tertentu. Setidaknya anda tidak menghabiskan semua pendapatan yang anda peroleh di saat yang sama. Anda bisa menyisihkan sedikit saja penghasilan untuk ditabung. Jika perlu, investasikan uang anda agar lebih berkembang dan tidak sia-sia.

Demikian beberapa tips agar gaya hidup konsumtif bisa anda rubah agar lebih hemat dan menguntungkan untuk masa depan. Semoga bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten