Bengkarung: Memelihara dan Memberi Makan Sahabat Bersisik Anda

Posted on

Bengkarung

Bengkarung: Memelihara dan Memberi Makan Sahabat Bersisik Anda

Kita semua pernah mendengar mitos tentang makhluk misterius yang disebut bengkarung, makhluk seperti vampir yang dipercaya terbang di atas pohon pada malam hari. Namun, di balik cerita rakyat yang menyeramkan ini, ada makhluk sungguhan yang dikenal sebagai bengkarung – hewan yang sangat berbeda dari penggambaran mistisnya.

Dalam artikel ini, kita akan membongkar kebenaran tentang bengkarung, hewan unik yang memiliki ciri fisik dan perilaku yang menarik. Kita juga akan membahas cara memelihara dan memberi makan bengkarung sebagai hewan peliharaan yang setia.

Mengenal Bengkarung

Bengkarung (Draco volans) adalah spesies kadal terbang arboreal yang ditemukan di Asia Tenggara. Mereka adalah bagian dari keluarga Agamidae, yang juga mencakup kadal seperti cicak dan biawak. Bengkarung mudah dikenali karena kemampuannya untuk meluncur di udara menggunakan sayap kulitnya yang tipis.

Karakteristik Bengkarung:

  • Ukuran: Bengkarung dewasa dapat tumbuh hingga panjang sekitar 20-30 cm, termasuk ekornya.
  • Warna: Bengkarung memiliki warna yang bervariasi, mulai dari hijau hingga coklat, dengan pola garis-garis atau bintik-bintik yang membantu mereka berkamuflase di lingkungan hutan.
  • Habitat: Bengkarung ditemukan di daerah hutan tropis dan subtropis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Mereka biasanya hidup di pohon-pohon yang tinggi.

Memelihara Bengkarung sebagai Hewan Peliharaan

Dengan perawatan yang tepat, bengkarung dapat menjadi hewan peliharaan yang menarik dan jinak. Namun, perlu diingat bahwa mereka membutuhkan lingkungan dan makanan khusus untuk berkembang biak dengan baik.

Persyaratan Kandang:

  • Ukuran: Kandang bengkarung harus cukup besar untuk memungkinkan mereka bergerak bebas dan meluncur. Kandang dengan panjang minimal 1 meter dan lebar 0,5 meter sangat ideal.
  • Suhu dan Kelembapan: Bengkarung menyukai lingkungan yang hangat dan lembab. Suhu ideal untuk kandang bengkarung adalah antara 25-30 derajat Celcius, dengan kelembapan sekitar 60-70%.
  • Dekorasi: Kandang bengkarung harus dilengkapi dengan berbagai dekorasi, seperti cabang pohon, tanaman plastik, dan batu, untuk menyediakan tempat bertengger dan bersembunyi.

Memberi Makan Bengkarung

Bengkarung adalah hewan omnivora yang memakan berbagai macam makanan, termasuk serangga, buah-buahan, dan bunga. Untuk menjaga kesehatan bengkarung, penting untuk menyediakan mereka dengan makanan yang bergizi dan seimbang.

Makanan Bengkarung:

  • Serangga: Bengkarung menyukai serangga hidup, seperti jangkrik, ulat, dan lalat. Serangga ini dapat dibeli di toko hewan peliharaan atau ditangkap di alam liar.
  • Buah-buahan: Bengkarung juga memakan buah-buahan, seperti pisang, pepaya, dan apel. Pastikan untuk memotong buah-buahan kecil-kecil agar mudah dimakan bengkarung.
  • Bunga: Bengkarung menyukai bunga-bunga, seperti bunga matahari dan bunga mawar. Bunga-bunga ini dapat memberikan nutrisi tambahan bagi bengkarung.

Menjaga Kesehatan Bengkarung

Bengkarung adalah hewan yang cukup kuat, tetapi mereka dapat rentan terhadap penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Untuk menjaga kesehatan bengkarung, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan memberikan mereka perawatan yang tepat.

Kesehatan Bengkarung:

  • Pemeriksaan Kesehatan: Bengkarung harus dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan rutin setidaknya setahun sekali. Pemeriksaan ini akan membantu dokter hewan mendeteksi masalah kesehatan dini dan memberikan pengobatan yang tepat.
  • Nutrisi: Bengkarung membutuhkan makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan mereka. Pastikan untuk menyediakan mereka dengan makanan yang bervariasi, termasuk serangga, buah-buahan, dan bunga.
  • Kebersihan Kandang: Kandang bengkarung harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah penyebaran penyakit. Buang kotoran dan sisa makanan dari kandang setiap hari, dan bersihkan kandang secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali.

Perilaku Bengkarung

Bengkarung adalah hewan yang aktif dan suka berinteraksi dengan manusia. Mereka biasanya jinak dan mudah dijinakkan, tetapi mereka juga bisa menjadi pemalu jika tidak terbiasa dengan manusia.

Interaksi dengan Bengkarung:

  • Menjinakkan: Bengkarung dapat dijinakkan dengan kesabaran dan pendekatan yang lembut. Mulailah dengan memberi mereka makan dengan tangan Anda, dan secara bertahap tingkatkan interaksi Anda dengan mereka.
  • Permainan: Bengkarung menyukai permainan yang melibatkan makanan dan interaksi fisik. Anda dapat bermain dengan bengkarung menggunakan tongkat atau mainan interaktif lainnya yang dirancang khusus untuk hewan peliharaan.
  • Sosialisasi: Bengkarung dapat disosialisasikan dengan hewan peliharaan lainnya, seperti kucing dan anjing, jika mereka diperkenalkan dengan benar. Namun, penting untuk mengawasi mereka saat mereka berinteraksi untuk memastikan tidak ada yang terluka.

Manfaat Memelihara Bengkarung

Memelihara bengkarung sebagai hewan peliharaan memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Hewan Peliharaan yang Unik: Bengkarung adalah hewan peliharaan yang unik dan menarik yang akan menjadi pusat perhatian di rumah Anda.
  • Mudah Dirawat: Bengkarung relatif mudah dirawat dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya. Mereka tidak perlu berjalan-jalan atau perawatan khusus, dan mereka dapat hidup dengan baik di kandang yang relatif kecil.
  • Interaktif: Bengkarung adalah hewan yang interaktif dan suka berinteraksi dengan manusia. Mereka dapat dijinakkan dan dinikmati oleh seluruh keluarga.

Kesimpulan

Bengkarung adalah hewan peliharaan yang unik dan menarik yang dapat menjadi teman yang setia bagi Anda dan keluarga. Dengan perawatan yang tepat, bengkarung dapat hidup hingga 10 tahun atau lebih. Jadi, jika Anda mencari hewan peliharaan yang tidak biasa dan memiliki kepribadian yang unik, bengkarung mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

  1. Apakah bengkarung hewan peliharaan yang baik?
    Bengkarung dapat menjadi hewan peliharaan yang baik bagi mereka yang memiliki waktu dan sumber daya untuk merawatnya dengan baik. Mereka relatif mudah dirawat, tetapi mereka membutuhkan kandang yang cukup besar, makanan khusus, dan perawatan kesehatan rutin.

  2. Apa saja makanan yang bisa diberikan kepada bengkarung?
    Bengkarung adalah hewan omnivora yang memakan berbagai macam makanan, termasuk serangga, buah-buahan, dan bunga. Pastikan untuk menyediakan mereka dengan makanan yang bergizi dan seimbang, dengan variasi yang cukup.

  3. Bagaimana cara menjinakkan bengkarung?
    Bengkarung dapat dijinakkan dengan kesabaran dan pendekatan yang lembut. Mulailah dengan memberi mereka makan dengan tangan Anda, dan secara bertahap tingkatkan interaksi Anda dengan mereka. Berikan mereka hadiah berupa makanan atau mainan saat mereka berperilaku baik, dan hindari menghukum mereka jika mereka melakukan kesalahan.

  4. Apa saja tanda-tanda bahwa bengkarung sedang sakit?
    Tanda-tanda bahwa bengkarung sedang sakit antara lain: kehilangan nafsu makan, lesu, perubahan warna kulit, diare, dan kesulitan bernapas. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera bawa bengkarung Anda ke dokter hewan.

  5. Berapa lama bengkarung bisa hidup?
    Dengan perawatan yang tepat, bengkarung dapat hidup hingga 10 tahun atau lebih. Pastikan untuk menyediakan mereka dengan kandang yang cukup besar, makanan yang bergizi, dan perawatan kesehatan rutin agar mereka dapat hidup sehat dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *