Cara Memelihara Hyena: Petualangan yang Menantang

Posted on

Hiena

Cara Memelihara Hyena: Petualangan yang Menantang

Bagi pecinta hewan liar, hiena mungkin menjadi pilihan yang menarik. Namun, perlu diketahui bahwa hewan ini bukanlah hewan peliharaan yang umum. Sebelum memutuskan untuk memelihara hiena, ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk hewan ini agar dapat memberikan perawatan yang tepat.

Mengenal Hyena

Hyena merupakan hewan nokturnal yang termasuk dalam famili Hyaenidae. Mereka dapat ditemukan di Afrika dan Asia. Hyena memiliki tubuh yang kuat dengan bulu yang pendek dan kasar. Warna bulu mereka beragam, mulai dari coklat hingga hitam. Hyena memiliki kepala yang besar dengan rahang yang kuat. Mereka juga memiliki gigi yang tajam yang digunakan untuk memakan daging.

Jenis-Jenis Hyena

Ada empat jenis hiena yang dikenal, yaitu:

  • Hyena Tutul (Crocuta crocuta): Merupakan jenis hiena terbesar dan paling umum. Mereka dapat ditemukan di Afrika dan Asia.

  • Hyena Cokelat (Hyaena brunnea): Merupakan jenis hiena yang lebih kecil dari Hyena Tutul. Mereka dapat ditemukan di Afrika Selatan dan Namibia.

  • Hyena Bergaris (Hyaena hyaena): Merupakan jenis hiena yang paling langka. Mereka dapat ditemukan di Afrika Utara dan Timur Tengah.

  • Hyena Tanah (Proteles cristata): Merupakan jenis hiena terkecil. Mereka dapat ditemukan di Afrika Selatan dan Afrika Timur.

Merawat Hyena

Memelihara hiena membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Kandang: Hyena membutuhkan kandang yang luas dan aman. Kandang harus dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, tempat makan dan minum, serta tempat bermain.

  • Makanan: Hyena adalah hewan karnivora. Mereka membutuhkan makanan yang tinggi protein. Anda dapat memberi hiena daging mentah, tulang, dan jeroan.

  • Air: Hyena perlu minum air tawar setiap hari. Pastikan untuk menyediakan air minum yang bersih dan segar dalam kandang.

  • Perawatan Kesehatan: Hyena perlu diberi vaksin dan obat cacing secara teratur. Anda juga perlu membawa hiena ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan secara berkala.

  • Latihan: Hyena perlu dilatih sejak usia dini. Latihan ini bertujuan untuk mengajarkan hiena perilaku yang baik dan untuk mempererat hubungan antara Anda dan hiena.

Tantangan Memelihara Hyena

Memelihara hiena bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa tantangan yang perlu Anda hadapi, antara lain:

  • Sifat Agresif: Hyena adalah hewan yang agresif. Mereka dapat menyerang manusia jika merasa terancam.

  • Bau yang Menyengat: Hyena memiliki bau yang menyengat. Bau ini dapat mengganggu Anda dan tetangga Anda.

  • Kebutuhan Perawatan yang Khusus: Hyena membutuhkan perawatan yang khusus. Anda perlu menyediakan kandang yang luas, makanan yang bergizi, dan perawatan kesehatan yang baik.

  • Biaya Pemeliharaan yang Tinggi: Pemeliharaan hiena membutuhkan biaya yang tinggi. Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membeli kandang, makanan, dan perawatan kesehatan.

Tips Memilih Hyena Peliharaan

Jika Anda memutuskan untuk memelihara hiena, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih hiena peliharaan, antara lain:

  • Pilih hiena yang berusia muda: Hiena yang berusia muda lebih mudah untuk dilatih dan dijinakkan.

  • Pilih hiena yang sehat: Pastikan hiena yang Anda pilih sehat secara fisik dan mental.

  • Pilih hiena yang jinak: Pilih hiena yang jinak dan tidak agresif.

  • Pilih hiena yang sesuai dengan gaya hidup Anda: Pastikan hiena yang Anda pilih sesuai dengan gaya hidup Anda dan dapat beradaptasi dengan lingkungan Anda.

FAQ

1. Apakah hiena berbahaya untuk dipelihara?
Hyena dapat berbahaya untuk dipelihara jika tidak dirawat dengan benar. Namun, jika dirawat dengan baik, hiena dapat menjadi hewan peliharaan yang jinak dan setia.

2. Apa makanan yang cocok untuk hiena?
Hyena adalah hewan karnivora. Mereka membutuhkan makanan yang tinggi protein, seperti daging mentah, tulang, dan jeroan.

3. Bagaimana cara melatih hiena?
Hyena dapat dilatih dengan menggunakan metode pelatihan positif. Metode ini menggunakan hadiah dan hukuman untuk mengajarkan hiena perilaku yang diinginkan.

4. Berapa biaya pemeliharaan hiena?
Biaya pemeliharaan hiena dapat bervariasi tergantung pada jenis hiena, ukuran kandang, dan jenis makanan yang diberikan. Namun, secara umum, biaya pemeliharaan hiena cukup tinggi.

5. Dimana saya dapat membeli hiena?
Anda dapat membeli hiena dari penjual hewan peliharaan atau dari penangkaran hewan liar. Pastikan untuk memilih penjual yang bereputasi baik dan yang dapat memberikan Anda informasi yang benar tentang hiena yang akan Anda beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *